VISI DAN MISI KPAM
VISI
Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Adat dan Pendapatan yang layak bagi jaminan aktivis gerakan masyarakat adat.
MISI
1. Membentuk dan Mengelola usaha-usaha produksi di wilayah adat
2. Melakukan penanaman modal (investasi) untuk usaha diluar unit usaha KPAM yang sesuai dengan visi dan misi
3. Membangun kerjasama dengan pemerintah dan lembaga usaha yang sejalan dengan visi dan misi
4. Memasarkan hasil-hasil usaha produksi dari masyarakat adat
Toko Kita (ToKit) adalah suatu bentuk toko mungil yang menjual barang dagangan eceran untuk memenuhi kebutuhan anggota KPAM, Staf di Kantor AMAN dan tamu-tamu maupun masyarakat umum.
ToKit merupakan “pengejawantahan” pelayanan kepada anggota secara khusus juga dapat melayani masyarakat umum non anggota, agar merasa memiliki dan merasakan langsung semangat berkoperasi. ToKit memberikan kedekatan keseharian dalam manfaat berkoperasi dan sebagai unit usaha yang memberikan keuntungan bagi KPAM dan anggota karena keuntungan dari penjualan akan kembali ke anggota dalam bentuk Sisa Hasil Usaha (SHU).
ToKit tumbuh “organik” dan fokus dengan kekuatan dimulai dari kita (anggota) oleh kita untuk kita. Bermula dari modal penjualan kupon penyertaan modal. Dari keuntungan yang di peroleh hanya angka seratus rupiah lalu ke seribu rupiah, bahkan saat ini menghasilkan keuntungan mencapai jutaan rupiah, semua bertujuan untuk mempraktekkan dan menghubungkan langsung antara pemodal, penjual dan pembeli yang menghasilkan keuntungan yang dapat di nikmati bersama.
Hasil penjualan itu terus berputar, untuk membangun infrastruktur, membenahi sistem manajemen dan bisa tetap menghasilkan “cash flow” yang sehat. ToKit hadir, meski dengan segala keterbatasan waktu, pembiayaan modal yang kecil dan sumberdaya manusia terbatas, hal ini karena konsepnya sebagai toko mungil yang dari kita, oleh kita dan untuk kita.
Untuk kedepannya, ToKit akan menjalankan penjualan produk hasil pertanian, hasil hutan non kayu dan hasil dari wilayah adat lainnya dengan tetap menjaga sebagai toko mungil namun menjual dan menguntungkan sekala besar. Strategi usaha yang dilakukan untuk mendorong penjualan produk menjadi meningkat, penanganan kualitas lebih baik, peningkatan kuantitas yang seimbang dan dengan sistem pemasaran yang lebih luas serta dikelola oleh sumber daya manusia yang profesional.
KPAM CD HST melalui unit usaha ToKit bercita-cita akan membangun ToKit di semua komunitas anggota AMAN yang berjumlah 61 komunitas adat. Melalui ToKit, KPAM ingin menanamkan slogan “Berhasil (berbagi hasil)”, dimana ToKit hadir untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam keseharian dan keuntungan juga dapat dinikmati bersama.
KPAM CABANG DAERAH HULU SUNGAI TENGAH
BADAN USAHA TOKO KITA KPAM CD HST
SEMANGAT BERHASIL (BERBAGI HASIL)
#saveekonomimeratus
#savemeratusHST
#selamatkankehidupan
#janganlupaperdaMA
#danjugaUUMA
Penulis: Rahmi Lawati.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar